jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:27
    imsak
  • 4:37
    subuh
  • 11:54
    dzuhur
  • 3:15
    ashar
  • 5:47
    maghrib
  • 7:01
    isya

Ayam Bakar Batu, Menu Buka Puasa Muslim Papua

Foto: Nur RAhmatika Adriyati/Okezone

Foto: Nur RAhmatika Adriyati/Okezone

PAPUA - Bakar Batu atau dalam bahasa Papua Barapen adalah makanan khas masyarakat asli Papua. Bakar Batu ini biasanya dihidangkan dalam acara adat. Hanya saja, Barapen kali ini bukan dihidangkan di acara adat, namun dihidangkan untuk acara buka puasa.

Ini dilakukan oleh umat muslim asli Papua yang berasal dari Suku Walesi, Wamena- Papua yang bermukim di daerah Angkasa, Jayapura. Keunikan Barapen terdapat pada dagingnya yakni bila pada umumnya dimasak adalah daging babi. Sedangkan dalam Barapen kali ini diganti dengan daging ayam. Agar tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Cara memasknya pun unik, batu yang telah dibakar sebelumnya dimasukkan ke dalam drum yang telah ditanam di dalam tanah. Dan dilanjutkan dengan menutup batu tersebut dengan alang-alang, kemudian satu persatu ubi jalar, dan sayuran dimasukkan.

Daging ayam yang telah diberi bumbu pun dimasukkan, tak lupa minyak goreng pun disiram agar daging ayam, sayur, dan ubi jalar bisa masak merata. Setelah itu drum tersebut ditutup memakai plastik tebal tahan panas lalu diikat agar uap panas tidak keluar.

Acara yang baru pertama kali dilakukan ini, guna mempererat kebersamaan dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama umat Muslim di Jayapura.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

Moslem Travel

Ibadah Haji & Umroh Wajib Gunakan Gelang Khusus
Kamis, 14 Juli 2016 16:38 WIB

Ibadah Haji & Umroh Wajib Gunakan Gelang Khusus

Fashion Hijab

Simak Tutorial Hijab saat Pakai Kemeja Berkerah
Kamis, 28 Juli 2016 14:21 WIB

Simak Tutorial Hijab saat Pakai Kemeja Berkerah

USTAD MENJAWAB

Membedakan Zakat Profesi dan Zakat Maal
Jum'at, 08 Juli 2016 09:05 wib

Membedakan Zakat Profesi dan Zakat Maal

TAUSYIAH

Harta itu Sarana Ibadah
Jum'at, 08 Juli 2016 09:33 wib

Harta itu Sarana Ibadah

HUMOR SUFI

Rabu, 13 Juli 2016 10:07 wib

Aku Bagian Dalam, Dia Bagian Luar


Terjadi kebakaran di rumah Nashruddin. Salah seorang tetangganya datang padanya dan berkata, "Cepat, rumahmu kebakaran. Berkali-kali aku menggedor-gedor rumahmu, namun tidak ada seorang pun yang menjawabnya."

 

Dengan tenang, Nashruddin menjawab, "Wahai saudaraku, demi Allah, aku sudah membagi-bagi tugas pengurusan rumah ini dengan istriku. Dia yang mengurusi bagian dalam dan aku mengurusi bagian luar. Makanya, sekarang aku tenang-tenang saja. Aku harap agar engkau menemui istriku saja dan memberitahukan padanya. Sebab, aku tidak ada urusan dengan apa yang terjadi dalam rumah ...."

breaking news

x