jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:31
    imsak
  • 4:41
    subuh
  • 11:59
    dzuhur
  • 15:20
    ashar
  • 17:52
    maghrib
  • 19:06
    isya

Harga Tiket Bus Masih Normal

Jum'at, 28 Agustus 2009 - 18:44 wib | Isfari Hikmat - Koran SI

Harga Tiket Bus Masih Normal
JAKARTA - Harga tiket bus hingga hari ini terpantau normal. Minat masyarakat yang mudik menggunakan bus pun belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

Meski beberapa waktu lalu tiket kereta api habis diserbu masyarakat Jakarta yang hendak mudik lebaran ke kampung halaman, hingga tadi petang dampak terhadap pemesanan tiket bus dalam jumlah besar tidak terjadi.

Menurut Staf Pelaksana Operasional Pemberangkatan Perum Damri cabang Kemayoran, Jakarta Pusat, Sukatno, belum ada lonjakan pemesanan tiket bus. "Mungkin seminggu lagi baru mulai ada peningkatan," ungkapnya di Jakarta, Jumat (28/8/2009).

Meski pemesanan tiket Perum Damri untuk seminggu ke depan sudah bisa dilakukan, namun masih tetap saja belum ada pemesanan dalam jumlah berlebihan. Dari pemantauan di lapangan pemesanan tiket bus pun masih tergolong normal hingga minggu awal puasa ini. Belajar dari pengalaman tahun lalu, Perum Damri melihat pemesanan tiket baru akan mengalami peningkatan drastis pada H-7 hingga H+7.

Menurut Sukatno, soal kenaikan harga tiket pihaknya juga masih menunggu instruksi dari kantor pusat. Saat ini pihaknya masih menerapkan harga tiket ekonomi, AC ekonomi,  bisnis,  dan bisnis AC dengan harga normal.

Dia menyontohkan untuk tiket bisnis AC tujuan Jakarta-Yogyakarta via jalur selatan adalah Rp104 ribu. Sedangkan untuk tiket AC ekonomi tujuan Jakarta - Palembang hingga kemarin masih Rp121 ribu.

Sama halnya dengan agen penjualan tiket bus PO Kramat Djati di Cililitan, Jakarta Timur. Menurut Staf Penjualan Tiket Hengki, pihaknya hingga kemarin masih melayani tiket untuk pelanggan saja. "Beluma ada lonjakan penumpang berarti," ungkapnya.

PO Kramat Djati banyak diminati pemudik tujuan Malang, Surabaya, Palembang, Denpasar, Semarang, Ponorogo, dan Jambi. Namun yang paling diminati adalah tujuan Palembang dan  Ponorogo. "Pada hari normal saja setiap harinya pemesanan tiket bisa 30 unit," ungkap Hengki.

Harga tiket kelas bisnis dan eksekutif PO Kramat Djati hingga Sabtu
5 September masih normal. Tarif tiket bisnis bus malam cepat tujuan Semarang saja terpantau masih Rp110 ribu. Untuk tiket tujuan terjauh seperti Denpasar  pun dipatok dengan harga Rp350 ribu.

Rencananya kenaikan harga PO Kramat Djati terjadi perlahan dimulai H-16 hingga H-14 sebesar Rp10 ribu rupiah. Selanjutnya kenaikan dengan kelipatan yang sama terjadi untuk H-13 hingga H-11.