jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:31
    imsak
  • 4:41
    subuh
  • 11:59
    dzuhur
  • 15:20
    ashar
  • 17:52
    maghrib
  • 19:06
    isya

Tuhan, Kami Antar Dia Jumpa dengan-Mu

Kamis, 19 Agustus 2010 - 12:18 wib | -

Layanan Antar Jenazah Gratis (Foto: Al-Azhar Peduli Ummat)

Tuhan, Kami Antar Dia Jumpa dengan-Mu
Pembaca, tiap hari ada yang menghubungi kami, minta agar saudara, orang tua, anak, mertua, dan kerabatnya diantar menuju pembaringan terakhir. Parau dan serak mereka menyapa. Kadang amat mengiba. “Pak, tolong bantu antar jazad ibu kami”, suara itu menyayat.

Nurli, bagian layanan mustahik segera mengirim satu ambulan jenazah, dilengkapi kain kafan, dan perlengkapan untuk memandikan. Bu Novi, bagian memandikan jenazah segera mengurus jazad perempuan paruh baya itu dengan baik. Dimandikan secara syari, disholatkan, hingga dikafani.
 
Setelah rapi, Pak Udin yang kebagian driver, mengantar jenazah itu ke pemakaman. Tak hanya di sekitar Jadebotabek, Ambulan Jenazah Gratis Al-Azhar Peduli Ummat mengantar hingga pelosok Jawa dan Lampung. Pak Udin dan Pak Ujang, dua driver setia kami menikmati tugasnya penuh suka duka. Kadang mobil tak mampu masuk sampai pemakaman, bersama warga Pak Ujang memikul berkilo meter.

“Tak ada takut, semua terasa adem dan nikmat”, terang Pak Ujang berbagi rasa.

Pembaca, tengok tetangga kita yang tak mampu, jika meninggal. Betapa mahal biaya untuk sekadar menguburkan. Makin memilukan, jika meninggalnya di rumah sakit. Tak cukup dana Rp2 juta, untuk sekadar membayar ambulan jenazah. Nurani kita berbisik, hidup di dunia sudah susah dan miskin. Meninggal pun harus sengsara sampai meninggalkan utang.
 
Tapi, dalam ratap lara itu, sebagian Anda sebenarnya telah menyelamatkan martabat mereka. Zakat yang Anda tunaikan, telah jadi energi yang mampu mengantar jenazah-jenazah dhuafa itu, ke pembaringan terakhir dengan cara terhormat.

Dalam doa-doa kami di setiap pagi dan malam, semoga Allah SWT melipatgandakan rezeki, kenikmatan dunia akhirat, dan keberkahan hidup atas zakat, infak, dan sedekah yang Anda tunaikan. Juga rasa syukur kami pada Sang Khalik, dalam pasrah ketidak berdayaan.

Kami berserah, “Tuhan, kami antar jazad ini bersama zakat para muzaki untuk berjumpa dengan-Mu, terima dia di sisi-Mu dan ampuni atas segala dosa dan kesalahannya”. Amin. Nazlus Shobah.

Kontribusi: Al-Azhar Peduli Ummat