jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

26 ramadan
  • 4:35
    imsak
  • 4:45
    subuh
  • 12:02
    dzuhur
  • 15:23
    ashar
  • 17:57
    maghrib
  • 19:09
    isya

Lomba Musik Patrol Bangunkan Warga untuk Sahur

Senin, 1 Agustus 2011 - 08:00 wib | Mukhtar Bagus - SUN TV

Ilustrasi patrol (gp-ansor.org)

Lomba Musik Patrol Bangunkan Warga untuk Sahur
NGANJUK- Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menunjukkan suka cita atas datangnya Ramadan. Di Nganjuk, Jawa Timur, warga di lereng Gunung Wilis tepatnya di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, menggelar pesta kembang api dan lomba musik patrol. Pesta ini merupakan bentuk suka cita warga atas datangnya Ramadan.

Dalam tradisi masyarakat jawa, patrol merupakan alat musik dari bambu yang biasa dipakai untuk membangunkan warga untuk makan sahur.

Di Desa Bareng, lomba musik patrol rutin digelar setiap tahun di awal Ramadan. Dalam perlombaan ini, warga di setiap RT dan RW membentuk kelompok musik patrol.

Tak sekadar menunjukkan kebolehan di depan panitia dan juri, mereka juga berjalan keliling kampung sambil membunyikan musik di sepanjang jalan.

Lamuji, salah seorang peserta lomba, Senin (1/8/2011), mengaku cinta dengan musik patrol karena alat dan suaranya khas sekaligus untuk mempertahankan tradisi yang sudah diwariskan oleh leluhur mereka secara turun-temurun.

Purwoko, Kepala Desa Bareng, mengatakan lomba musik patrol sengaja digelar karena musik ini sudah melekat dan menjadi bagian dari ibadah puasa warga setiap Ramadan.

Bahkan tanpa dikomando, setiap waktu sahur tiba atau sekira pukul 02.00 dini hari, tiap-tiap kelompok musik patrol dari RT dan RW turun ke jalan untuk membangunkan warga di lingkungan masing-masing.

Hadiah yakni hanya berupa tropi, tidak menurunkan semangat warga untuk ikut serta. Pengumuman pemenang dan hadiah baru diberikan saat Lebaran.