jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

26 ramadan
  • 4:35
    imsak
  • 4:45
    subuh
  • 12:02
    dzuhur
  • 15:23
    ashar
  • 17:57
    maghrib
  • 19:09
    isya

Apa Hukum Tidak Mengeluarkan Zakat & Infaq

Selasa, 16 Agustus 2011 - 11:33 wib | -

Ustaz Kardita Kintabuwana, Lc, MA

Apa Hukum Tidak Mengeluarkan Zakat & Infaq
Selamat siang Ustaz,

Apasih bedanya infaq dan zakat? Hitung-hitungan keduanya seperti apa? Lalu, apa akibatnya jika tidak mengeluarkan zakat dan infaq?

Wassalam,
Alifah Maharani, Tangerang.


Jawaban:

Sobat Alifah, secara prinsip, zakat dan infaq adalah instrumen dana bantuan sosial yang kegunaanya dioptimalkan untuk kemalshatan umat. Akan tetapi zakat memiliki persyaratan tertentu dalam mengeluarkan maupun menyalurkannya.

Yaitu, bahwa zakat wajib dikelurakan jika mencakup lima syarat: Pemiliknya adalah seoarng muslim, bukan seoarng budak, harta itu milik sendiri, telah mencapai nisab (batas minimum harta wajib zakat, setara dengan 85 gram emas), dan mencapai haul (satu tahun kepemilikan).

Kemudian disalurkan kepada delapan golongan yang sudah ditentukan ketentuannya dalam Alquran yaitu: Faqir, miskin, orang yang dalam kehabisan bekal dalam perjalanan, orang yang berjuang di jalan Allah, Muallaf (orang yang baru masuk islam), Gharimin (orang yang berutang), hamba sahaya (budak), dan amil (orang yang bekerja sebagai pemungut dan penyalur zakat)

Sedangkan infaq, tidak ada ketentuan yang mengikat mengenai jumlah, syarat pengeluarnnya, waktunya, dan penyalurannya. Jadi Anda bisa berinfaq kapan pun, dengan jumlah berapa pun, dan disalurkan untuk siapa pun bagi yang anda rasa memerlukan.

Kedua ibadah tersebut (zakat dan infaq) sangat dianjurkan dalam agama Islam, bahkan zakat disebutkan sebagai salah satu rukun Islam, di mana dinilai tidak sempurna ke-Islaman seseorang jika belum mengelurakn zakat. Bahkan ancaman neraka bagi mereka yang mampu tapi menolak membayar zakat.


Wallahu a’lam bisshawab

Ustaz Kardita Kintabuwana, Lc, MA
Dewan Syariah Rumah Zakat