jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:31
    imsak
  • 4:41
    subuh
  • 11:59
    dzuhur
  • 15:20
    ashar
  • 17:52
    maghrib
  • 19:06
    isya

Garuda Siap Terbangkan "Sapu Jagat" Saat Mudik Lebaran

Senin, 9 Juli 2012 - 18:04 wib | Bramantyo - Okezone

Ilustrasi, pesawat Garuda (Foto: Koran SI)

Garuda Siap Terbangkan
SOLO- Hari raya Lebaran memang masih satu bulan lagi, namun sejumlah pihak telah menyiapkan strategi untuk menampung sejumlah pemudik yang ingin  pulang kampung.

Seperti PT Garuda Indonesia yang telah menyiapkan penerbangan tambahan untuk mengangkut para pemudik. Dengan penambahan tersebut, maka jumlah penerbangan jurusan Solo-Jakarta menjadi lima kali dalam sehari.

Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Solo, Jawa Tengah, Endy Latif, mengatakan, awalnya penambahan jadwal penerbangan akan dimulai Oktober nanti. Namun, pihaknya meminta kepada Manajemen Garuda Indonesia pusat, agar pengoperasionalan jadwal baru tersebut bisa direalisasikan sebelum Lebaran ini.

"Kita meminta 1 Agustus nanti penambahan jam bisa dimulai. Sehingga sebelum lebaran, jam baru sudah dimiliki. Dan sepertinya dari manajemen pusat sudah menyetujuinya," jelasnya kepada Okezone, saat ditemui di penjualan tiket Garuda di salah satu pusat perbelanjaan di Solo, Senin (9/7/2012).

Menurut Endy, bila jadwal tersebut telah difungsikan, ke depannya aktifitas masyarakat baik dari Solo maupun dari Jakarta bisa dilakukan tiap harinya.

"Misalkan, warga Solo ada yang hendak menyelesaikan urusannya di Jakarta, bisa berangkat pagi dan kembali malam hari. Begitu pula sebaliknya. Kalau saat inikan, penerbangan terakhir dari Solo hanya sampai pukul 17.30 WIB saja," terangnya.

Sementara itu, khusus untuk penerbangan reguler Lebaran sudah habis terjual. Begitu pula dengan arus balik lebaran, dari Solo menuju Jakarta, juga telah habis terjual.

Dengan kondisi tersebut, menurut Endy, tidak menutup kemungkinan Maskapai Garuda Indonesia akan mengerahkan tambahan armada sapu jagat untuk mengangkut seluruh penumpang.

"Yang tersisa, tinggal tiket penerbangan saat puasa saja. Itupun sudah mulai terjual seluruhnya. Dari awal kami membuka stand penjualan penerbangan Ramadan, kami mampu mendapatkan pemasukan sebesar Rp200 juta," jelasnya.

Selain siap menambah armada sapu jagat, PT Garuda Indonesia memastikan tidak ada kenaikan tarif, diluar tarif resmi yang ditetapkan.

"Mungkin maskapai dibawah standar Garuda akan menaikan tarifnya saat lebaran nanti, silahkan saja. Tapi Garuda, saat lebaran nanti tidak ada kenaikan tarif,"  tuturnya.