jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

27 ramadan
  • 4:35
    imsak
  • 4:45
    subuh
  • 12:02
    dzuhur
  • 15:23
    ashar
  • 17:57
    maghrib
  • 19:09
    isya

Lir-Ilir, Lagu Sunan Kalijogo yang Belum Dipatenkan

Kamis, 19 Juli 2012 - 13:47 wib | Bramantyo - Okezone

Ilustrasi Sunan Kalijogo (Foto: jamaluddinab.blogspot.com)

Lir-Ilir, Lagu Sunan Kalijogo yang Belum Dipatenkan
SOLO- Kasultanan Keraton Pajang, Solo, Jawa Tengah, meminta kepada Kementerian Kebudayaan untuk mematenkan semua kebudayaan islam, terutama lagu-lagu syiar agama yang diciptakan para Wali Songo. Salah satunya lagu Lir- ilir yang diciptakan Sunan Kalijogo.

Temenggung Kasultanan Keraton Pajang, Solo, Jawa Tengah, Agung Santoso, mengatakan, langkah mematenkan syair lagu Lir- ilir ditujukan agar karya cipta Sunan Kalijago tidak di klaim negeri Jiran, Malaysia, seperti yang pernah terjadi di kebudayaan asli Indonesia lainnya.

"Malaysia itukan senangnya main klaim kebudayaan milik kita. Apalagi, syiar agama Islam yang dilakukan para Wali, termasuk Sunan Kalijogo sampai di Malaysia juga. Kami khawatir lagu itu nantinya akan diklaim sebagai lagu asli Malaysia," jelasnya di Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/7/2012).

Agung menambahkan, keinginan untuk mematenkan lagu ciptaan Sunan Kalijogo bukan hanya berasal dari Kasultanannya. Jika dirunut, Kasultanan Pajang kembali dihidupkan oleh para keturunan Joko Tingkir masih tergolong baru.

Namun munculnya desakan agar lagu tersebut dipatenkan oleh Pemerintah mencuat, saat pertemuan Kerajaan-kerajaan Nusantara yang digelar di Demak, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, para perwakilan Kerajaan Nusantara memiliki kekhawatiran bila lagu wajib yang dinyanyikan Kerajaan-kerajaan di Nusantara tersebut akan dikuasai negara lain.

"Kita jangan mengatakan tidak mungkin. Apa yang tidak mungkin dilakukan Malaysia, Reog Ponorogo misalnya. Reog itu sudah jelas-jelas asli Ponorogo saja berani di klaim sebagai miliknya, apalagi mayoritas keturunan Indonesia tersebar di Negeri Jiran. Sehingga, bisa saja negeri tersebut mengklaim lagu Lir- ilir tersebut di sebarkan warganya," paparnya.