jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:31
    imsak
  • 4:41
    subuh
  • 11:59
    dzuhur
  • 15:20
    ashar
  • 17:52
    maghrib
  • 19:06
    isya

NU Grobogan Desak Tempat Hiburan Tutup Selama Ramadan

Senin, 24 Juni 2013 - 16:29 wib | Anton Suhartono - Okezone

Ilustrasi penutupan kafe (Dok: Sindo TV)

NU Grobogan Desak Tempat Hiburan Tutup Selama Ramadan
JAKARTA - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Grobogan, Jawa tengah, mendesak pengelola tempat hiburan untuk menutup tempat usaha mereka selama Ramadan tahun ini.

Hal tersebut untuk menghormati Bulan Suci sehingga ummat Islam bisa menjalankan ibadah puasa secara khusyuk.

Seperti dikutip Okezone dari NU online, Senin (24/6/2013), seruan tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil pleno PCNU yang dihadiri jajaran Syuriah maupun Tanfidziyah, Lajnah, Lembaga, seluruh Banom dan MWCNU se-Grobogan Kamis pekan lalu.

Ketua Tanfidziyah PCNU Grobogan, Mat Said, menegaskan, sebelum memasuki Ramadan Grobogan harus benar-benar bersih dari aktivitas dunia hiburan, khususnya kafe dan karaoke.

Ia mendesak tiga hari sebelum memasuki Ramadan, kafe dan karaoke sudah berhenti beroperasi.

“Dengan begitu memasuki malam 1 Ramadan seluruh umat Islam Kabupaten Grobogan akan dapat lebih khusyuk menjalankan ibadah,” tegasnya.

Selain itu, dia mengimbau tempat-tempat penjualan makanan, seperti warung, kedai, dan restoran, untuk tidak berjualan di siang hari. Namun, apabila terpaksa buka diharapkan dapat mendesain tempat makan sedemikian rupa sehingga bisa menghormati orang yang sedang puasa.

“Untuk kepentingan ini, Pemda Kabupaten Grobogan harus menertibkan secara sungguh-sungguh, maksimal dan istiqamah selama Ramadan.” tandasnya.

PCNU juga meminta masyarakat yang tidak puasa tidak makan, minum, dan merokok di tempat-tempat umum dan tempat terbuka pada siang hari.