jadwal imsakiyah kota jakarta & sekitarnya

1 ramadan
  • 4:31
    imsak
  • 4:41
    subuh
  • 11:59
    dzuhur
  • 15:20
    ashar
  • 17:52
    maghrib
  • 19:06
    isya

Dishub DKI, TNI & Polri Bahu Membahu Siapkan Arus Mudik

Senin, 15 Juli 2013 - 18:49 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Dishub DKI, TNI & Polri Bahu Membahu Siapkan Arus Mudik
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama TNI dan Polri membentuk tim koordinasi dan penyusunan rencana operasi menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2013.

Diperkirakan pemudik motor mengalami peningkatan drastis. "Tahun lalu berkisar 9,2 juta. Ada kenaikan 10,6 persen. Dimana, angkutan umum ada 2,5 juta dan pribadi 7,7 juta," ujar Kepala Dishub Udar Pristono di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/7/2013).

Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 8 dan 9 Agustus, lanjut Pristono, jajarannya telah mempersiapkan angkutan umum untuk mudik pada H-7 serta H+7 baik moda transportasi jalan, kereta api, ASDP dan udara.

Untuk ketersediaan terminal bus utama sebanyak 4, bantuan ada 18. Stasiun kereta api ada 5, dan bantuan 2. Sedangkan bandar udara utama ada 1 dan bantuan ada 1. Terminal utama, akan ditempatkan di Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Lebak Bulus dan Kalideres. Sedangkan, terminal bantuan berada di Tanjung priok, Tanah merdeka (Jakarta Utara), Rawamangun, Pinang Ranti, Pasar minggu, Muara angke, Grogol, dan Rawa buaya.

"Serta di pool PO bus untuk Jakarta Timur ada Garuda mas, muncul, gunung mulia, raya, gunung harta, primajasa. Di jakarta pusat ada Damri st jakarta. Di jakarta Selatan ada safari darma raya, kramat djati, sinar jaya, dan megah langgeng," jelasnya.

Sementara itu, stasiun utama ada di Jakarta kota, Gambir, Senen, Tanah Abang, Jatinegara. Untuk bantuan selama arus mudik dan balik, ada di stasiun Tanjung Priok dan Manggarai. "Pelabuhan Tanjung priok. Bandara ada Soekarno Hatta dan Halim," ucapnya.

Ada empat posko yang diperuntukan untuk uji kelayakan jalan, pos kesehatan, pos pengamanan terpadu, dan tes urine pengemudi. Sedangkan untuk jumlah angkutannya sendiri, untuk armada bus berjumlah 8.283 bus, terdiri dari bus reguler ada 7.848, bus bantuan selama lebaran sebanyak 260 armada dan bus pariwisata sebanyak 175 armada.

Sementara untuk kereta api ada 66 kereta, terdiri dari kereta reguler sebanyak 48 dengan jumlah tempat duduk 21.788. Kereta tambahan untuk lebaran sebanyak 18 dengan jumlah tempat duduk sebanyak 11.154. "Kalau kapal laut ada 22 dan untuk pesawat 488 unit," tandasnya.